2 comments

Kilas Balik OSN Pertamina 2011

Published on Sunday 11 March 2012 in

Kenalin, "Aku Meta".

"Lho, saya juga Metha!" seru saya dengan mata berbinar di deretan kursi bis paling belakang. Saat itu jemari saya menjabat tangan seorang perempuan berlogat melayu. Namanya mba Meta, kontingen OSN Pertamina dari Universitas Maritim Ali Haji, Tanjung Pinang, ibukota Kepulauan Riau. Nggak nyangka, sesampai di Wisma Makara, bergegas ke kamar, liatin nama temen kamar di pintu 415, Rilnia Metha Sofia, Meta Yuliana, ...."Lho, masa ada Meta yang lain lagi?" Hahaa.. Tapi ternyata cuma ada dua Meta saja saat itu, Meta Yuliana itu ternyata mba Meta teman saya duduk di bis. Bikin girang banget sekamar sama dia! Gimana nggak? Kalau biasanya, saya agak ragu nyapa teman baru karena susah nginget namanya. Eh, kali ini Allah ngasih teman sekamar yang namanya kayak nama saya. Kalau gitu sih, sampai mati juga nggak bakal lupa sama namanya Mba Meta. Hahaha.

Beberapa jam kemudian saya ngurus bla bla bla nya OSN di lobi, pas desek-desekan di lift ada peserta yang baru dateng, namanya Listia, peserta dari Universitas Pelita Harapan, Banten. "Eh bisa minta tolong bantu bawa nggak?" celotehnya agak ribet sama barang bawaan yang emang keliatan ribet. "Sini, saya bantu," sambut saya di tengah padatnya orang-orang dalem lift. Habis keluar dari pintu lift di lantai 4, saya bergegas nganterin Listia ke kamarnya.

"Kamarnya nomor berapa?" tanya saya sambil jalan.

"415 deh kayaknya," jawab Listia singkat.

saya dan Listia, di perpus UI 2011



"Lho, itu kan kamar saya jugaaaa!" Aduuuh. Ternyata Listia teman kamar saya yang kedua. Lengkap sudah saat itu penghuni kamar kami. Meta, Metha, dan Listia. Banyak hal yang bikin saya kangen banget sama mereka. Walaupun sekamar bareng cuma seminggu, sepulang OSN, saya ngerasa banget kehilangan mereka. Kehilangan ringtone, "bell pintu" HP nya mba Meta. Kehilangan ramenya Listia. Yang khas banget itu pas tengah malem, jam 12 an. Biasanya saya yang paling telat tidur. Kalau udah jam segitu kerasa banget sepinya. Liatin parkiran wisma makara sepi banget. Cuma ada deretan mobil yang kesiram cahaya keemasan lampu halaman wisma. Habis liatin parkiran, ya mesti liatin mba Meta sama Listia tidur. Sungguh bikin makin sepi! "Aduuh, udah pada pules banget mereka". Haha.. Tidur Metha! Tidur! Besok tes teori!

Tes teori yang bikin saya agak was-was. Nyesel banget nggak belajar serius pas masih di Mataram. Rasanya saya nggak punya bekal apa-apa buat perang sama soal. Tapi ternyata, soal-soal tes teori waktu itu dasar banget. Full analisis. Jadi enak jawabnya. Thank's banget sama Allah udah ngatur hati para juri buat bikin soal OSN Biologi Pertamina 2011 benar-benar pas sama tipe soal yang saya suka (Di akhir, posting terdapat lampiran soal grand final pas di nasional).

Ini baru kali pertama saya ikut OSN perguruan tinggi, khususnya OSN Pertamina. Ngamatin model soalnya dari seleksi tahap awal sampai akhir, saya akhirnya dapet nyawa soal (Biologi) nya seperti apa. Buat bisa jawab soalnya harus bener-bener nguatin ilmu dasar. Hal yang sepele-sepele banget kadang ditanya, kayak organisme yang dikeluarin dari kingdom fungi itu apa. Itu soal grandfinal di nasional waktu itu. Ya ampun dasar banget, itu pernah saya pelajari waktu kelas X d SMA. Ada di buku Biologi kelas X warna putih yang ditulis sama 3 orang dosen Biologi UGM. Tapi selain dasar, soal teori OSN Pertamina juga tipenya analisis aplikatif. Artinya, selain soal dasar, yang dikeluarin itu soal teori yang penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya, gimana rokok sama narkoba bikin kecanduan sama dampak buruk lainnya di otak. Terus ada juga pertanyaan yang sangaaaat sepele tapi menjebak bagi yang belajarnya terlalu mendalam, haha. Contoh, "apa kepanjangan NAPZA?" ahahahahaaa. Artinya, semua soal tersebut ngegali ilmu paling permukaan sampai paaaaaling dalem. Kalau mau bisa jawab, harus bener-bener konsentrasi. Caranya, tidur harus cukup, makan cokelat yang cukup, makan jangan kebanyakan (ntar badan sibuk ngolah makanan di perut soalnya, fokus ke otaknya malah berkurang), stres perlu (tapi ini stres yang biasa aja, jangan stres yang berat-berat banget sampai bikin depresi. Soalnya stres itu bikin kadar gula darah ningket. Bikin aktivitas metabolisme bener-bener difokusin buat mikir. Aktivitas perut bakal dikurangin "makanya banyak yang konstipasi kalau lagi minggu olimp", aktivitas imun juga dikurangin "hati-hati sama ini, bikin rentan sakit kalau stresnya keterlaluan", aktivitas hormon reproduksi juga ditekan "makanya, yang cewek banyak yang datang bulannya telat kalau lagi stres"). Kalau konsentrasi nggak penuh, bisa kewalahan jawab soal. Harus tenang juga, kalau yang muslim sebaiknya shalat dhuha dulu deh sebelum tes, biar fresh. Atau minimal wudhu dulu. Serius bikin tenang banget. Selain ini harus OPTIMIS! Sesusah APAPUN penampilan soalnya, jawab aja! Yakinin diri, PASTI BISA! Jangan baru liat soal langsung down, "aduh, susah nih kayaknya." Jangan sekali-kali mikir gitu. Kalau sampai gitu, alamat dah, "alamat nggak juara!"

Kayaknya emang agak ribet tapi apapun itu, buat dapet juara harus kerja keras. Harus berjuang kalau mau maju! Saya juga awalnya iseng banget. Pas seleksi pertama nggak belajar sama sekali. Tapi menjelang tes-tes terakhir, saya mulai sadar kalau sampai saya cuma setengah-setengah, semua akan sia-sia. "YA ATAU TIDAK SAMA SEKALI!" Akhirnya waktu ngerjain tes, quarter final, semi final, grand final nasional saya benar-benar konsentrasi penuh. Habisnya, sebelumnya saya nggak belajar serius sebelum berangkat. Mau belajar pas udah nyampe lokasi tempur? Keburu mati ditembak musuh! Belajar mati-matian lagi pas di lokasi tempur itu nggak bikin makin bagus. Malah bisa bikin kalah. Gimana nggak? Bayangin aja kayak orang mau lomba lari. Lomba larinya besok pagi, malem-malemnya malah latihan lari, ya jelaslah udah ngos-ngosan duluan.

Pas lagi nulis ini saya lagi kangen banget sama OSN. Makanya tadi malam saya galau berat. Sebenarnya sebagian tulisan ini saya bikin tadi malem, pas lagi galau-galaunya. Kangen-kangennya sama OSN. 17 Mei 2011 lalu, saya bikin status galau gara-gara saya nggak bisa ikutan ON MIPA (olimpiade nasionalnya mipa). Gara-gara waktu itu, di kampus saya sama sekali nggak ada info soal ini. Tiba-tiba aja PD3 saat itu udah ngutus beberapa adik tingket. Makanya saat itu juga, ada temen saya yang langsung comment, ngajakin saya ikut OSN Pertamina. Tahun ini, saya memang nggak boleh ikut OSN Pertamina lagi. Tapi ada kesempatan emas yang bisa buat saya ikut ON MIPA tanpa ikut seleksi awal terlebih dahulu. Benar-benar kesempatan emas! Tapi.... Ada hal yang belum bisa saya jelaskan. Hal yang "mungkin" bisa ngapus kesempatan itu. Salah satu hal yang bikin saya galaaau berat dari tadi malem T_T. Tapi ya udahlah,  saya yakin keputusan-Nya pasti yang terbaik. Galau berakhir! Bismillah.

Soal OSN Pertamina Biologi Provinsi










Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

2 Response to Kilas Balik OSN Pertamina 2011

11 March 2012 at 13:01

aq shock & kesal bgt sewaktu baca soal "Apa kepanjangan NAPZA?"
ngerasa jadi org paling bodoh saat itu. tapi setelah waaktu ujian usai,, kutanyain ke teman2 samping kiri-kanan, depan-belakang (terutama yg cewek),, banyak yg ga tau jg.
hahaha,, maklumlah kami blm pernah nyobain NAPZA.
:)

11 March 2012 at 13:43

wkwkwkwkwkw... asli, itu sangat MENJEBAK untuk ukuran soal olimpiade mba.. Salut buat para juri yang bener-bener KREATIF bikin soal.. hahaha